Gerakan 100 Proposal PKM, FKIP Siap menuju Pimnas

JnK, Agustus 2020—Berprestasi merupakan idaman bagi setiap individu maupun kelompok. Prestasi yang diraih oleh seseorang akan menumbuhkan semangat baru untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Berprestasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti kegiatan PKM/PIMNAS. Nah, bagaimana sih persiapan yang harus dilakukan?

Dalam memanfaatkan peluang pada masa pandemi ini, himpunan mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya (Unsri) mengadakan acara workshop PKM secara online. Kajian yang dilaksanakan khusus mahasiswa FKIP Unsri ini ditujukan sebagai langkah gerakan mempersiapkan mahasiswa agar bisa lolos PKM hingga berhasil di tahap PMNAS. Topik yang diambil pun sesuai dengan maksud tersebut, yakni “Gerakan 100 Proposal PKM, FKIP Siap menuju Pimnas”. Acara yang diisi oleh David Sertiawan Husni dan Mukti Sari Utami akan menjabarkan secara rinci sekaligus menjawab pertanyaan mengenai tips dan trik agar berhasil di PKM hingga PIMNAS.

David menyampaikan kisah keberhasilannya saat PIMNAS ke-31 yang diadakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pemateri menyampaikan terkait pentingnya PKM yang dapat menambah soft skill, pengalaman lapangan, hingga menambah wawasan dan koneksi.

Pemateri kemudian menjelaskan hal – hal yang perlu dipersiapakan dalam membuat suatu proposal PKM, diantaranya ialah gagasan yang kekinian, hal yang baru dan unik, penulisan yang sesuai aturan, dan  anggota kelompok disarankan lintas jurusan. Selanjutnya, pemateri menyampaikan lebih rinci terkait persiapan dalam penilaian juri pada bidang poster dan presentasi saat PIMNAS.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri kedua, yakni Mukti Sari Utami. Pemateri mengawali materinya dengan menyampaikan Hadist Riwayat Bukhari dan muslim tentang tips memulai, yaitu “Sesungguhnya setiap amalan tergantung niat, setiap orang akan mendapat apa yang ia niatkan. Lebih lanjut, pemateri menyampaikan bahwa untuk memulai PKM harus diawali dengan niat yang kuat, pembentukan tim, dan mulai membentuk mental juara.

Terdapat tiga pilar dalam membuat proposal, yaitu topik atau gagasan, hal yang sudah ada, dan metodologi atau eksekusi. Kemudian, dalam memilih judul proposal, yaitu harus menggugah rasa ingin tahu seseorang, topik  yang dibahas sedang aktual dan mendesak untuk dipecahkan, dan kaitan dengan bidang PKM serta solusi pemecahan masalahnya.

Adapun tujuh tips yang dibagikan pemateri untuk bias lolos pendanaan diantaranya ialah kesesuaian proposal dengan format panduan PKM. Kedua, menggunakan kaidah ilmiah dan bahasa baku serta mudah di pahami. Ketiga, menunjukkan keunikan atau kreativitas kegiatan pada proposal. Keempat, tujuan atau sasaran serta kebermanfaatan jelas dan nyata bagi masyarakat. Kelima, sesuaikan target iuran dengan biaya. Keenam, personalisasi tim pelaksana di bidangnya. Terakhir, kerjasama tim yang solid.

Pemateri selanjutnya menjelaskan secara rinci terkait penilaian oleh juri dalam setiap kategori. Di akhir materi, beliau menyampaikan pesan agar mengerjakan PKM sepenuh hati dan menikmati proses. Apapun yang dilakukan harus yang terbaik. Nikmatnya kemenangan akan terasa ketika letihnya perjuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *