LOCAL WISDOM TALK: Creative Problem Solving Berbasis Kearifan Lokal di Era Disrupsi Digital 4.0

Local   Wisdom   Talk   adalah   rangkaian   kegiatan   Temu   Wilayah (TEMWIL)  MIT-KM  Sumbagsel.  Kegiatan  yang  seharusnya dilaksanakan secara tatap muka kali ini dilakukan melalui media Zoom Meeting. Creative problem solving berbasis kearifan lokal di era disrupsi digital 4.0 dipilih sebagai tema yang cocok sesuai dengan keadaan saat ini. Donnie Aqsha, S.P selaku narasumber, dalam pemaparannya membagi  hal tersebut menjadi dua bagian. Pertama, Creative Problem Solving (CPS) yang merupakan sebuah model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pemecahan masalah yang diikuti dengan keterampilan. Kearifan lokal, revolusi industry, serta disruptif. Dan kedua peran milenial menjawab permasalahan bangsa di Era Revolusi Industri 4.0.

“Hal ini penting untuk diketahui dan diterapkan, sebab sebagai geenerasi milenial, kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi, bukan dimanfaatkan oleh teknologi,” pungkas Donnie.

Kearifan lokal di setiap daerah merupakan keunggulan daerah itu sendiri tetapi kerap terlupakan. Padahal dengan mengenal lebih dekat rumah kita dan melek akan kebutuhan masyarakat adalah hal yang dapat memecahkan masalah dengan ilmu. Untuk menciptakan inovasi dan adab supaya mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *