Organisasi dan Prestasi di Tengah Pandemi, Kenapa Tidak?

Sumbagsel, Oktober 2020—UKM P3M KBM UNIB menyelenggarakan Orientasi   Ilmuwan  Muda  (OIM)  2020   sebagai   pengenalan   awal   kepada   mahasiswa   baru   Universitas Bengkulu tahun 2020   untuk mengetahui dan melihat apa itu UKM P3M   KBM   UNIB.   Tidak   hanya   untuk   aktif   dalam   kegiatan mahasiswa, UKM P3M KBM UNIB  turut mengajak dan memotivasi mahasiswa baru agar dapat berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan ini tidak hanya mengenalkan tapi juga menginspirasi, dan menuntut kreatif pada saat penampilan oleh UKM P3M KBM UNIB  akan menunjukkan berbagai prestasi Laskar- laskar P3M.

Hesti Intan Putri selaku pemateri dalam paparannya membagi materinya menjadi dua bagian. Pertama, “Produktif di Masa Pandemi” dimana materi yang disampaikan mengenai bagaimana kiat-kiat, cara, sebab seorang mahasiswa terkhususnya mahasiswa baru dapat dan harus produktif di masa pandemi saat ini. Ada banyak cara agar tetap produktif walaupun dalam banyak keterbatasan. Langkah pertaam yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuanyang ingin dicapai. Kemudian, mencari lingkungan dan mengidentifikasi kemampuan diri. Terakhir, Manajemen waktu dan me time.

Materi kedua yakni tentang MITI KM (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa). Pada sesi tersebut, dilakukan pengenalan MITI KM, visi dan misi, kemitraan MITI KM dengan UKM P3M dan UKM Keilmuan lain, program kegiatan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membuka pemikiran mahasiswa baru agar dapat berpikir secara luas dan mendapat gambaran mengenai MITI KM dan kemitraan dan UKM Keilmuan terkhususnya. Adapun misi dari MITI KM yaitu: (1) Penyiapan SDM unggul mahasiwa dalam bidang IPTEKS; (2) Membangun jejaring dan kekuatan kolektif mahasiswa; (3) Membangun jejaring di 3 sektor (publik, privat, dan sosial); dan (4) Menjadi jembatan akses mahasiswa dalam pengembangan diri.

Harapan setelah dilaksanakan kegiatan OIM 2020 dengan tema Organisasi dan Prestasi di Tengah Pandemi, Kenapa Tidak?  adalah agar mahasiswa baru dapat paham dan mengerti secara jelas mengenai apa itu UKM Keilmuan, dan diharapkan dapat meluruskan, membenarkan, memperkuat alasan mereka memilih bergabung dengan UKM Keilmuan terkhusus UKM P3M UNIB. Dan juga, kegiatan ini memiliki harapan agar terus harmonis hubungan dari terjalinnya kerjasama UKM P3M sebagai mitra dari MITI KM secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *