Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)


Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bekerja sama dengan Kementerian negara – negara terkait. Ada 8 negara yang bekerja sama dalam penyelenggaraan program tersebut, antara lain Kanada, Australia, Jepang, Singapore, India, Korea Selata, China, dan Malaysia. Program PPAN ini diselenggarakan oleh negara – negara tersebut setiap tahunnya.
Tujuan dari program ini adalah untuk menjalin persahabatan internasional dan hubungan bilateral antara kedua negara. Para delegasi pemuda dari kedua negara dapat meningkatkan kemampuan leadership dan dapat mengembangkan potensinya masing – masing.
Manfaat yang didapatkan dalam program PPAN itu sendiri adalah Global Networking, Self Challange, Intercultural Competence, Do better for your self and others.
Kegiatan yang dilaksanakan setiap negara dalam program PPAN memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri begitu pun dengan syaratnya, tetapi secara umum terdapat 5 kegiatan utama yang diselenggarakan yaitu,

  1. Courtesy Call, yaitu kunjungan kenegaraan
  2. Institutional Visit, yaitu kunjungan ke instansi – instansi
  3. Focus Group Discussion
  4. Community Development
  5. Home Stay, diberi kesempatan tinggal bersama keluarga angkat dengan tujuan untuk membaur dengan masyarakat lokal di sana
  6. Culture Performance, yaitu pertujukan budaya antar negara

Syarat pendaftaran program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) sebagai berikut :

  1. Pemuda (Berusia 18 – 30 Tahun)
  2. Belum Menikah
  3. KTP Domisili

Alur pendaftaran program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah sebagai berikut :

  1. Sosialisasi (Februari/Maret)
  2. Seleksi (Maret/April)
  3. Pengumuman
  4. Verifikasi
  5. PDT Lokal
  6. PDT Nasional
  7. Program dilaksanakan


Setiap provinsi memiliki alur, sistem, dan waktu pendaftaran yang berbeda. Tahapan seleksi dalam program PPAN, sebagai contoh seleksi PPAN di Provinsi Sumatera Utara yang dilakukan selama 3 hari:

  1. Tes Tertulis (soal pilihan ganda secara tertulis)
    Pengetahuan umum tentang
    • Bahasa Inggris
    • Daerah
    • Nasional
    • Internasional
    • Kepemudaan
  2. Focus Group Discussion dan presentasi
    Beberapa provinsi ada yang melakukan seleksi debat secara terbuka, melihat kemampuan dalam berkomunikasi, public speaking, presentasi untuk mengukur kemampuan di bidang tersebut.
  3. Wawancara
    Wawancara mencakup kepemudaan, keagamaan, psikologi, seni dan budaya. Wawancara ini dilakukan beberapa kali, selain wawancara sesuai konteks tersebut ada juga wawancara dengan panitia atau alumni program PPAN untuk menggali bagaimana pengalaman, tujuan dan karakter kita. Kemudian ada interview tentang isu internasional dan kontribusi untuk masyarakat (dengan membawa bukti kegiatan yang telah dilakukan).
  4. Penampilan Bakat
    Penampilan bakat bebas bisa konteks seni, olahraga, fotografi, melukis, memasak dan bakat apapun bisa ditampilkan. Namun dalam program nanti akan ada penampilan budaya, tetapi dalam proses seleksi tidak diwajibkan menampilkan bakat seni. Penilaiannya yang terpenting ada semangat untuk mau belajar budaya.
  5. Test Psikotes
  6. Uji Kelayakan
    • Kepribadian
    • Kemampuan
    • Kesiapan

Tips and Tricks seleksi program PPAN :

  1. Daftarkan Dirimu (penuhi dan persiapkan semua pertanyaan)
  2. Be The Real You but Show The Best Version of You
  3. Attitude
  4. Be Very Clear on Yourself on yout goal PPA (Post Program Activity)
  5. ….


Sedikit rangkuman dari program ini adalah:

  1. 100% Fully Funded. Mulai dari seleksi hingga program berlangsung.
    Bahkan untuk AIYEP (Australia Indonesia Youth Exchange Program) setelah menjadi alumni kita akan tergabung di organisasi alumni bawah naungan pemerintah Australia, dimana banyak banget alumni dari beasiswa2 Australia lainnya yang bergabung.
    Oportunity Informasi seperti beasiswa, grant, job opportunity, maupun kegiatan2 pemerintah Australia dan Indonesia juga sangat banyak dan terwadahi.
  2. Temen-teman yang terpilih mendapat gelar Duta Muda Indonesia.
    Tentunya kesempatan networking lainnya, seperti pengalaman magang, kunjungan kenegaraan seperti bertemu dengan pemerintah di negara terkait (cnth ditahun saya, pemerintah Sydney (NSW), Dubes RI untuk Sydey, Pemerintah Canberra, dll
    “Jangan tunggu mampu baru melakukan, Tapi lakukanlah maka kamu akan mampu.”

– Siti Mei Syarah Amir –

TANYA JAWAB

  1. T : Valentina Febriani Tando-Universitas Hasanuddin
    mau tanya kak, apa ada tips dan trik khusus buat persiapan tes budaya dan bakat? apa bakat itu selalu berkaitan dengan seni seperti menari/memainkan alat musik daerah kita? trima kasih
    J : Baik Terima Kasih Valentia untuk pertanyaannya.
    Pertanyaan yang bagus dan cukup banyak yang menanyakan ketika aku gadain sharing juga.

Jawabannya TIDAK harus. Temen-temen bisa menunjukkan apapun bakat yang temen-temen punya.
3 orang di batch aku malah ketika penampilan bakat dia nunjukkin hasil photography nya, ada yang public speaking, malah ada yang masak.

Namun ada kalanya temen-temen akan diminta untuk mencoba. Nah perlu juga untuk temen-temen mepersiapkan jika diminta. Yang dicari bukan seberapa bagus dan bisa tarian atau suara kalian kok. Terkadang itu untuk melihat, kemampuan kalian untuk beradatasi, mengambil tatangan, mencoba hal baru, dan mau belajar.
Itu juga salah satu penilaian untuk mengenal karakter peserta..

Oiya, yang melukis juga adaa.. Setiap bakat pokoknya diterima dan diapresiasi..

Namun tetep saran aku dipersiapkan juga bakat-bakat yang berkaitan dengan budaya Tradisional Indonesia.

Gimanapun tujuan program ini membawa misi kebudayaan. Cross Cultural Understanding
salah satunya memperkenalkan budaya-budaya Indonesia melalui seni.
Dan di program kegiatan Cultural Perfomance tidak begitu banyak kok.

2. T : Zhein Nirwan Tawil – IPDN

  • apakah ada nilai khusus yang dilihat untuk mengikuti AIYEP? Seperti kelebihan yang harus diperlihatkan. Soalnya tiap program PPAN itu pernah saya pernah dengar seperti SSEYAP itu budayanya, AIYEP itu profesi gitu kak
  • kalau di provinsi kakak apakah kita yang menentukan mau SSEYAP mau IKYEP atau AIYEP atau ditentukan oleh proses seleksi. Jadi kita untung-untungan dapat yang mana?
    J :
    • Bener banget setiap program punya cirikhas nya sendiri. Pada dasarnya misi kebudayaan itu ada disetiap Program termasuk AIYEP. Hanya saja jenis-jenis kegiatan apa aja yang dilakukan program dan kemampuan apa yang tuntut para calon delegasi untuk memenuhi dan mampu menjalankan kegiatan tersebut. Contoh:

AIYEP : Salah satu kegiatan yang tidak dimiliki program lain adalah Magang. Temen2 akan mendapat kesempata magang 4x disetiap fase nya setiap bulan. Artinya 1 bulan temen2 akan berpindah magang dari satu instasi ke instansi lain.

Kemampuan untuk cepat beradaptasi sangat ditekankan disini, mengontrol diri, manajemn waktu dan group.

Dan tantangan AIYEP sendiri bedanya dengan program lain, program ini bener2 program yang dilepas.
18 delegasi diberangkatkan kan tanpa adanyanya pendampinga, dan tidak ada jadwal yang fix, bener2 sampai disana akan ada seminggu orientasi selebihnya menjalankan kehidupan sehari-hari seperti biasa. Tiggal bersama hostfam, magang, dan terpisah oleh delegasi lain.
Jadi personal development akan sanat dibentuk dan terasa disini
Untuk itu karakter dan tujuan temen-teen disana sangat penting khususnya diprogram AIYEP. Karenaa ada juga beberapa yang sampe sama kabur, dan menganggap ini liburan jalan2 aja. wkwk

Alhasil dapat report dari kementrian baik Indo dan Australia ] dan itu berimpct pada program selanjutnya.
• kalau di Sumatra Utara sistem pemilihan ditentukan oleh alumni dan juri. Tetapi peserta tetap diberi kesempatan (dan malah direkomendasikan untuk tahu dan milih program apa yang mau dipilih). Alsan temen-temen nantinya akan di cross check berdasarkan performansi dan karakter temen-temen selama seleksi berlangsung.
Karena sekali lagi, setiap program punya tujuan utama dan kemampuan delegasi seperti apa yang harus dimiliki.
Tapi jangan dibuat stress ya temen-temen..
Be the real you is important, but show the best version of yourself. Bismillaah jka niatya belajar, dan beberapa tps yang aku bagikan teman-teman bisa lebih enjoy menjalaninya

3. T : Adrian_Universitas Muhammadiyah Magelang
• itu kan tadi di sesi interview ada isu internasional sama pengabdian kepada masyarakat dan diharuskan membawa bukti,itu buktinya berupa sertifikat apa gimana ya kak? Kemudian apa yang perlu dipersiapkan buat itu kak? Soalnya kan itu butuh waktu juga ya kak untuk mempersiapkan dengan baik
• Saya pernah menghubungi PCMI di daerah saya,nah katanya harus mempersiapkan Community development kak,nah sebagai mahasiswa bagaimana ya kak cara buat membuat Community development tersebut dan waktu itu disarankan mempersiapkan Community development pasca program kak
• Apakah ketika di Australia itu kita diwajibkan fluent dalam berbahasa Inggris kak?
• Jika pernah mengikuti 1 dari 8 program PPAN ini,apakah masih bisa mengikuti program PPAN yang lain?
• Jika seandainya terpilih,itu dari PPAN sendiri memberi surat resmi yang mengizinkan buat mahasiswa untuk libur kuliah karena mahasiswa tersebut mengikuti acara PPAN tidak ya kak?
J :
• Setiap provinsi (panitia pelaksana PPAN) itu mempunyai sistem yang berbeda – beda, yang aku buat itu gambaran di sunatera utara. Setiap provinsi mungkin ada perbedaan. Mungkin interviewnya ga harus bawa bukti, namun alangkah lebih baiknya kamu mempersiapkan saja untuk buktinya. Untuk mempersiapkan dengan baik untuk itu kita cicil bukti-bukti pengabdian masyarakat dimulai dari hal terkecil yaitu kegiatan volunteer apa yang dilakukan, kegiatan sosial atau bakti sosial, atau apapun project-project sosial, atau organisasi kampus kaya HMJ, BEM dan sebagainya. Jadi coba dimulai mengumpalkan berkas-berkasnya. Bisa berupa foto, deskripsi, atau inovasi yang pernah dilaksanakan.
• Community development program pada PPAN sangat penting dipersiapkan oleh temen-temen untuk sebagai tips ini merupakan bobot paling tinggi, kontribusi kegiatan temen-temen pasca program ini punya presentasi lebih tinggi dari presentase indikator yang lainnya. Caranya harus finding the problem, apa kira-kira masalah yang temen-temen rasakan dan temen-temen bisa membantunya.
• Komunikasi dalam bahasa inggris merupakan keharusan. Tetapi jangan jadikan beban tersendiri temen-temen juga. Seperti sharing-sharing pada VN sebelumnya salah satu tujuan aku pengen ke luar negeri itu untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris aku. Pada waktu itu aku masih basic communication bahasa inggris.
• Tidak bisa, ketika kamu sudah lulus AIYEP maka tahun berikutnya tidak bisa bahkan untuk beberapa program dibawah naungan kemenpora itu tidak bisa diikutin. Tetapi misal temen-temen masuk Top Three atau malah cadangan biasa tahun depan tahun depannya bisa ikut selama belum sebagai kandidat.
• Ada surat resmi izin kuliah

4. T : Anonim_USU
Bagaimana proses interview di PPAN? Pertanyaan seperti apa yg akan ditanyakan?
J :
Untuk interview di PPAN itu sebenernya banyak seperti pada PPT wawancara itu dibagi menjadi 3 yaitu, wawancara kelembagaan di interview lembaga terkait, wawancara alumni PPAN berhubungan isu internasional dan kontribusi masyarakat, wawancara uji kelayakan biasanya saat sudah Top Three atau Top Five interview ini lebih ke personality.

5. T : Anonim_Unila
Untuk pendaftaran PPAN ini, website apa aja yang bisa kami pantau? misal untuk pembukaan pendaftaran dsb. Karena saya masih sangat awam kak, hehehe.
Bisa jelaskan tentang tahapan nya? atau mungkin komunitas yang bisa kita ikuti untuk belajar tentang PPAN ini?

J :
ini IG dari PCMIPUSAT silahkan bisa di follow.
Tapi aku rekomendasikan juga temen2 untuk follow IG PCMI disetiap daerah seperti:
@pcmi_sumut
@pcmijakarta
@pcmijabar
@pcmijatim

Closing Statement :
Baik mngkin dari aku tetep semangat semua temen-temen.. Jadikan masa pendemi ini untuk meluruskan niat dan clear about your vission.

Jika masih ada yang ditanyakan lagi feel free untuk kontak aku. Aku sendiri terbuka untuk temen-temen yang mau didampingin untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk PPAN ini.
Karena di Medan Youth Forum sendiri kita juga membantu menfasiliatsi temen-temen yang mau belajar dan ikut program2 keluar negeri (ini juga PPA Mentorship yang aku ajuin ketika selesi PPAN da alhamdulillah sudah berjalan 2 tahun). Kita beajar mulai teknis seperti pembuatan essay, motivastion letter, cara buat project sosial yang baik, dll.

Setelah dari forum ini, inshaAllah temen0temen yang masih perlu bantuan, feel free untuk kontak aku. Terima Kasih semuanyaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *