Semangat Pemuda

JNK, Juni 2020— Dalam memanfaatkan peluang pada masa pandemi ini, Pemuda Remaja Masjid Daarul ’Uluum, ARMADA  bekerjasama dengan MITI KM mengadakan kajian internal ARMADA bertema “Semangat pemuda”. 

Herlambang Tinasih Gusti selaku narasumber mengawali kajian dengan memberikan tanggapan mengenai fenomena pemuda zaman sekarang yang menyukai anime untuk mendapatkan hiburan. Pemateri menyampaikan bahwa Rasulullah memperoleh hiburannya dengan bercanda bersama sahabat-sahabatnya, saling menanyakan kabar satu sama lain, berkumpul di mesjid dan murojaah al-Qur’an bersama, olahraga berkuda, latihan memanah, latihan bela diri, dan lain-lain. Hal ini merupakan hiburan bagi para sahabat Rasulullah untuk mengisi waktu luangnya. Tidak ada salahnya bagi generasi saat ini menyukai anime, hanya saja jangan berlebihan dan menjadi maniak. Ambil positif dari anime tersebut dan tinggalkan yang negatifnya.

Pertanyaan selanjutnya, mengenai cara agar menjadi orang yang konsisten. Pemateri menyampaikan bahwa setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk konsisten. Ada yang konsisten karena reward atau punishment, ada yang bisa konsisten karena perintah atau aturan dan ada yang dikarenakan punya tujuan atau motivasi sendiri yang harus diraih. Ketiga tujuan tersebut merupakan cara untuk bisa konsisten dalam melakukan suatu hal.

Materi ini ditutup dengan firman Allah di dalam al-Quran (QS Muhammad: 7) yang berisi anjuran untuk menolong agama Allah. Ketika kita menolong agama Allah maka Allah pun akan menolong serta mengukuhkan kedudukan kita pula. Pemuda yang semangat adalah pemuda yang mau membela agama Allah. Untuk itu, jadilah pemuda yang memiliki ketiga pilar ini: beriman, berilmu dan beramal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *