Duka Semeru Membawa Haru

Medan, Gunung Semeru terletak di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut erupsi mengeluarkan guguran awan panas sekitar pukul 15.00 WIB. Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto membeberkan kronologi meletusnya Gunung Semeru. Sebelum erupsi, Gunung Semeru sempat mengeluarkan lahar pada pukul 13.30 WIB. Sejak 4 Desember 2021 sampai saat ini erupsi Gunung Semeru masih berlangsung. Bencana letusan tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga yang mengungsi akibat rusaknya tempat tinggal akibat material vulkanik.

Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM) Bina Wilayah Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT) bersama dengan mitra di Zona Sumut dan Riau mengadakan “Aksi Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru” turun ke jalan dipersimpangan lampu merah untuk mengumpulkan donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Rintik hujan sedari fajar di kota Medan (17/12) membuat kami turun ke jalan lebih lambat dari yang sudah kami tentukan bersama. Tentu saja Rahmat yang Allah turunkan tidak menjadi halangan untuk kami terus mengumpulkan sedikit demi sedikit donasi yang diberikan pengendara yang sedang melintas. Alhamdulillah terkumpul donasi sebesar Rp. 510.000 walaupun terhitung kurang dari 1 Jam kami turun ke jalan dikarenakan cuaca dan hari sudah menunjukkan akan datangnya malam.

Tak hanya di kota Medan, mereka yang berada di Zona Riau turut mengumpulkan donasi untuk saudara-saudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru. Sekitar 20 orang terjun ke jalan di persimpangan lampu merah menyebar untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit donasi yang diberikan pengendara yang sedang melintas. Donasi kali ini Alhamdulillah terkumpul sebesar Rp. 1.000.000.

Kegiatan ini harapannya dapat mempererat kekeluargaan dan kerjasama antara MITI KM Bina Wilayah Sumbagut dan Mitra, serta berapapun nominal donasi yang kita kumpulkan dapat meringankan saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru. ###

 

Leave a Reply