Roadshow Online Perdana, bukan Masalah Bagi Jabalnustra

Roadshow Online Perdana, bukan Masalah Bagi Jabalnustra

Bukan hambatan, bukan halangan, tetap harus berjalan. Ya, semangat itulah yang dibawa oleh MITI-KM wilayah Jabalnusra saat melawat sekaligus roadshow ke tiga mitranya yang berada di Malang, pada hari Rabu, 8 April 2020. Pasalnya, saat ini teman-teman MITI-KM maupun Mitra sedang berada di tengah pembatasan aktivitas di ruang publik oleh pemerintah, pasca ditetapkannya status pandemi Corona CoViD-19. Maka otomatis, beberapa pertemuan bersama Mitra yang sebelumnya sudah terjadwal, harus diagendakan ulang, dan dipikirkan ulang terkait media tepat untuk digunakan. Akhirnya, disepakati untuk menggunakan ruang rapat virtual berbasis daring untuk mengakomodasi roadshow dari MITI-KM pada Mitra. Dan rencana Roadshow yang terdekat, adalah melawat ke Mitra di Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Bertempat di Ruang Maya-app Zoom, roadshow dilaksanakan. Peserta roadshow berasal dari tiga lembaga keilmuan yang berada di Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. SKM (Sekolah Kreativitas Mahasiswa) dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Agritech Research and Study Club dari Fakultas Teknik Pertanian mewakili Universitas Brawijaya, sedangkan EAMY (Engineering Assembly of Muslim Youth) mewakili teman-teman dari Universitas Muhammadiyah Malang. Walau tak mampu berjumpa dan bertatap muka, kehadiran mereka semua lewat aplikasi ruang rapat virtual sangatlah bersemangat. Tak kurang, masing-masing lembaga membawa perwakilan tiga hingga lima orang untuk ikut bergabung dalam Roadshow.

Acara Roadshow berlangsung secara dinamis. Beberapa peserta memang nampak masih berusaha menyesuaikan diri dengan platform ruang rapat virtual ini. Tapi secara keseluruhan, penyampaian poin kerjasama dan silaturrahim MITI-KM dengan mitranya di daerah Malang bisa dibilang sukses dan lancar. Debby Zalina, selaku koordinator Wilayah Jabalnustra (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) menyampaikan slide profil MITI-KM dan peluang-peluang kerjasama yang bisa dibangun di kemudian hari. Tak kalah antusias, peserta juga mengemukakan banyak usulan dan gagasan yang fresh dan baru untuk kerjasama Mitra dan MITI-KM. Dapat difaham, karena rerata Mitra tersebut sudah berganti kepengurusan, sehingga adik-adiknya yang kini sedang menjabat, perlu dikanlkan lebih jauh dan lebih dalam dengan MITI-KM.

Agenda MITI bersama MITRA menanti pemuda bangsa yang memilih berkontribusi dan bersinergi di bidang iptek. Mulai dari bina mitra, Temu Wilayah, NEURON Award, dan masih banyak kerjasama lainnya. Harapannya, Roadshow ini menjadi awal dari kerjasama dan peluang MITI-KM dan Mitra agar lebih memberikan dampak dan manfaat bagi lingkungan masing-masing. Baik secara individual, maupun kelembagaan. Mitra pun sudah berancang-ancang, untuk menetapkan program kerjasama yang bisa berkolaborasi dengan MITI-KM kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *